Bagian Pesawat Terbang

Halo semua kembali lagi dengan saya , kali ini saya akan membahas bagian bagian dari pesawat terbang . Bagi kalian yang ingin bepergian keluar kota tanpa ribet kalian bisa kunjungi / booking tiketnya di JOUMPA.COM . Nah langsung saja . Untuk komponen utama pastinya pesawat terbang memiliki badan pesawat / fuselage , sayap / wing , bagian belakangnya / empenage dan roda pendarat , tapi di blog kali ini saya akan membahas nya lebih rinci . 
  1. Badan Pesawat /  Fuselage adalah bagian keseluruhan dari pesawat dan struktur penyusunnya , selain itu Fuselage ini merupakan bagian yang paling utama dari pesawat yang menyangga beban crew, penumpang , muatan dan juga mesinnya .
  2. Monocoque Type Pada umumnya terdiri dari pembentuk / former dan penahan / bulkhead yang di lapisi oleh skin . Konstruksi ini memungkinkan terjadinya konsentrasi gaya yang sangat besar pada skin. Dalam hal ini skin harus dapat menyerap semua gaya yang terjadi pada pesawat. Hal ini memungkinkan skin akan cepat mengalami deformasi akibat gaya-gaya tersebut.
  3. Semi Monocoque Type konstruksi semi-monocoque diberi tambahan stringer yang merupakan element penghubung antar former/frame dan bulkhead yang memanjang searah longitudinal. Dengan konstruksi ini, load / beban dan gaya-gaya yang diterima oleh skin dapat didistribusikan ke semua element dengan perantaraan stringer. Jadi skin tidak lagi menerima gaya yang berlebihan karena sebagian akan di netralisir oleh semua element pada pesawat.
  4. Sayap / Wing merupakan bagian terpenting dari suatu pesawat, karena wing menghasilkan lift (gaya angkat) ketika bergerak terhadap aliran udara karena bentuknya yang airfoil. Selain sebagai penghasil gaya angkat, juga sebagai fuel tank, dan tempat bergantungnya engine ada 3 tipe permukaan pengendali (control surface) yang disebut aileron, spoiler dan flap.
  5. Aileron berfungsi untuk membuat gerakan memutar . Flaps berfungsi untuk menambah gaya angkat saat pesawat dalam kecepatan rendah . Slats berfungsi untuk memperluas area sayap pesawat agar gaya angkat pesawat bertambah . Spoiler berbentuk plat kecil yang terletak di sayap pesawat berfungsi untuk mengurangi gaya angkat pesawat sesaat setelah mendarat
  6. Bagian belakang pesawat / Empennage itu terdiri dari seluruh bagian ekor pesawat, termasuk permukaan yang tetap/diam seperti vertical stabilizer dan horizontal stabilizer. Sedangkan permukaan yang bergerak termasuk rudder, elevator, dan satu atau lebih trim tab.
  7. Roda pesawat / Landing gear merupakan penopang utama pesawat pada waktu parkir, bergerak di darat , lepas landas maupun pada waktu mendarat. Landing gear yang memakai roda dibelakang disebut conventional wheel. Jika roda ketiga bertempat di hidung pesawat, ini disebut nosewheel, dan rancangannya disebut tricycle gear.
  8. Engine / Mesin memiliki fungsi penyedia tenaga untuk memutar baling-baling. Mesin juga menghasilkan tenaga listrik, sumber vakum untuk beberapa instrumen pesawat, dan di sebagian besar pesawat bermesin tunggal, menyediakan pemanas untuk penerbang dan penumpangnya.Engine juga memiliki beberapa jenis diantaranya : Piston Engine , Turbojet Engine , Turboporop Engine , Turbofan Engine , Turboshaft Engine.
Sekian yang bisa saya sampaikan bila anda ingin memesan tiket pesawat dengan pelayanan yang tidak biasa kalian bisa kunjungi JOUMPA.COM karena JOUMPA.COM memiliki banyak produk yang ditawarkan .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hospitality Menurut Para Ahli

Apa itu Joumpa Service and Facilities ?

Pekerjaan di Bandara