Pekerjaan di Bandara

Halo semua kembali lagi bersama saya , bicara tentang Bandara tentu di dalam masyarakat tidak asing dengan namanya pesawat dan  Pilot.

Tetapi ada beberapa profesi dalam dunia penerbangan ,ada yang terkait langsung / pendukung . Ada juga beberapa profesi yang disebut langsung dalam CASR .
Profesi-profesi tersebut adalah :
  1. Pilot

    Sebagaimana yang kita Pilot merupakan orang yang bertugas untuk menerbangkan pesawat , Pilot juga bertanggung jawab selama jalannya penerbangan . Jadi Pilot ini merupakan pemeran utama dalam penerbangan tersebut .
  2. Flight Attendant ( Pramugari )

    Tidak jauh dari Pilot , Pramugari sebagai pemeran kedua dalam penerbangan . Selain Pramugari bertugas untuk membantu keperluan penumpang tetapi Pramugari juga bertugas sebagai pendamping para penumpang agar penumpang selalu dalam keadaan aman . Dan Pramugari biasanya akan memberikan praktek mengenai prosedur - prosedur untuk kondisi darurat  dan hal ini disampaikan sebelum penerbangan .
  3. Air Traffic Controller ( ATC )

    Air traffic controller dalam penerbangan berperan sebagai polisi lalu lintas di udara. ATC berwenang untuk mengatur lalu lintas dari pesawat terbang. Lalu lintas yang dikontrol oleh ATC adalah lalu lintas pada controlled airspace ( controlled airspace merupakan ruang udara yang mendapat pelayanan ATC berupa instruksi, informasi, clearance) .
    Wilayah kerja dari ATC dapat dibedakan menjadi tower, approach dan area. Cara ATC menjalankan tugasnya ATC melihat pergerakan pesawat dari radar yang ada . Setelah itu ATC akan memberikan info / instruksi kepada sang pilot melalui komunikasi suara atau data .
  4. Aircraft Maintenance Engineer ( AME )

    AME merupakan orang yang bertugas untuk menjaga status airworthinees (kebaikan terbang). Jadi AME yang memeriksa / memastikan kondisi pesawat layak untuk terbang sebelum beroprasi . Dan jika ada permasalahan di pesawat, maka AME yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan itu.
    Semua pekerjaan dari AME harus berdsarkan pada dokumen yang resmi (approved manual). Dan semua pekerjaan yang dilakukan di pesawat harus dicatat di aircraft maintenance log book.
  5. Flight Operation Officer ( FOO )

    “The Captain On Ground” atau Pilot darat merupakan seorang personel berlisensi yang mengoperasikan pesawat udara terutama penerbangan yang berjadwal yang mengatur penerbangan dari darat.
  6. Marshaller

    Marshaller orang yang memberi komando kepada pilot pesawat terbang untuk memakirkan pesawat ketika mendarat di landasan pacu . Seorang marshaller, harus benar dan tepat dalam memberikan tanda kepada pilot. Karena untuk memarkirkan pesawat terbang yang memiliki ukuran besar harus berhati-hati .
  7. Check In Counter

    Check in Counter adalah tempat melapor nya penumpang yang ingin menggunakan jasa penerbangan.
Sekian dari saya jika kalian ingin bepergian keluar kota tetapi malas dengan proses yang ribet , kalian bisa mengunjungi JOUMPA.COM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hospitality Menurut Para Ahli

Apa itu Joumpa Service and Facilities ?